Jumat, 02 November 2018

Bagaimana Membuat Play List File IPTV Atau Multimedia Live Streaming Bagi Pemula

Juma-juma.com - Bro dan sis di sabtu ini tanggal 02/11/2018 ini aku sempatkan menulis sesuatu yang tidak lain adalah tentang list iptv , yang digali sudah lama  dari berbagai sumber yang berkeliaran di internet. List Iptv , merupakan file yang berekstensi .m3u. yang isinya list alamat server multimedia baik dengan protokol Http atau rtmp dengan ekstensi .m3u8 , untuk live streaming, dan ekstensi multi media lain seperti mp4.flv dll

Dalam pencarian alamat server tersebut gampang gampang susah hanya perlu ketelitian dan kesabaran dan tentunya sedikit tahu tentang html dan java . pada kesempatan ini saya tidak akan membahas tentang html atau pun js. hanya ingin berbagi tentang ngulik dan nguprek sumber data atau server suatu video atau live streaming.

Bayangkan anda  menemukan sebuah situs web yang disitu terdapat konten yang menarik , sebut saja siaran tv live. Lalu dalam pikiran kita dari mana sumber dari video itu, dimana servernya . nah itu yang kita cari, dimana alamatnya . setelah kita tahu. kita tidak perlu buka browser yang merepotkan dengan banyak iklan dan lain lain. Kita hanya cukup buka VLC player atau player yang lain ,  pemutar video .
Setelah tahu dari berbagai alamat dan tentunya kita catat , dan kita kumpulkan dan kita buat file daftar tersebut dengan ekstensi m3u.

Upadate 04/11/2018 01:02 : melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang membuat play list iptv. memang di internet banyak sekali sumber play list file m3u , yang berisi play list katakan saja, play list live televisi dari berbagai sumber , dari yang gratis hingga yang premium . akan tetapi kita sering kecewa setelah kita coba , kita play di katakan saja VLC player , hasilnya adalah zong alias tidak dapat tampil atau tidak dapat diputar. dan kecewa pun menghinggapi hati kita.

Berdasarkan pengalaman pengalaman tersebut ,  maka saya mencoba untuk berbagi tentang hal ini. Mungkin bagi para master dibidang periptvian itu hal kecil. Tetapi  untuk para pemula ( Gue banget ), bisa buat olah otak  putar sana puter sini , maaf sedikit lebay. mencari solusi bagaimana agar kecewa tidak sering menghinggapi hati kita ...cie...cie hati kita ...
Langkah langkah operasi identifikasi file m3u8 dalam sebuah tubuh pasien , agap saja web yang terindikasi mengandung file m3u8 adalah pasien.

1. Buka firefox browser , tentukan pasien dan pastikan alamatnya.
2. Buka menu firefox sebelah kanan atas.
3. Buka sub menu Web Developer.
4. Buka sub sub menu page source,
5. Copy all dengan tekan [Alt][ A ]
6. Buka notepat.exe atau aplikasi editor lain.
7. Paste dengan tekan [Alt ][V].
8. Tempatkan kursor di awal file dengan tekan tombol [Ctrl ] [Home]'
9. Cari alamat file dengan ekstensi .m3u8 , dengan mengunakan menu find . tekan [Ctrl] [F].
10. Ketik .m3u8 dan tekan tombol find next... tratat.... ketemu.
11. Jika ketemu maka Copy file source tersebut dan simpan..

Update 04/11/2018 23:00 :
Bro sis kita sambung kembali pembahasan tentang identifikasi file m3u8, dari langkah ke no 11 tidak semua berjalan mulus, karena tidak semua pasien langsung memasang player di server mereka , kadang pasien memasang embed video. Kalau dengan pencarian kata kunci m3u8 tidak ketemu maka coba cari dengan kata kunci iframe, Dan dari iframe disitu akan ketema alamat source. langkah berikutnya adalah copy alamat source yang kita curiagai dari embed iframe video .  dan buka alamat tersebut dengan paste di browser. setelah kebuka iframe dengan satu layar penuh video dibrowser. kita kembali ke langkah awal no 2 diatas. sampai no. 10  dan tratat....ketemu.

Update :06/11/2018 07:33
Bro sis kita ketemu lagi dipagi sedikit mendung maklum di awal bulan Nopember sudah ada hujan  walau masih sedikit. Okeh kita lanjut pembahasan  kita sudah nyampai tahap pengumpulan data yang berupa alamat file multi media dengan ekstensi m3u8 atau mp4 atau flv dll. saya sarankan untuk file yang kan kita buat mempunyai ekstensi yang sama , kenapa demikian , akan mempermudah aplikasi pemutar vidio atau media player untuk memutarnya, dan tentu saja untuk mengurangi kekecewaan kita jika di kemudian diputar atau dimainkan di media player tertentu.
Oke Bro and Sis. langkah berikutkanya adalah membuat file play list , dibawah ini adalah langkahnya.

1. Buka notepad atau aplikasi editor lainnya.
2. Ketik  contoh,seperti dibawah ini block biru adalah nama ,boleh stasion tv , block hijau adalah alamat file yang kita dapatkan sebelumnya

 #EXTM3U
#EXTINF:-1, Al arabiya
https://live.alarabiya.net/alarabiya/myStream_720p/playlist.m3u8
#EXTINF:-1, Al Danah TV
http://82.212.74.5:8000/live/7723.m3u8.

3. Berikutnya file save as sebagai file yang berekstensi. m3u



4.  Buka file dengan VLC player.exe atau multi media lain seperti kodi dll.

Demikian cara membuat file m3u atau file list multimedia, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan , Tentunya bisa menambah kreatifitas kita. selamat mencoba.

Untuk list IPTV yang sudah di himpun silahkan kunjungi List IPTV dari beberapa negara.

Masukan dan kritikan dalam komentar yang bersifat membangun, sangat dinanti

Salam sukses












1 komentar:

Paling sering dibaca

Indochannel aplikasi android channel TV Indonesia paling update

Juma-juma.com - Dear teman sohabat sudah lama tidak posting di blog ini. Di sore yang sedikit mendung yang sepertinya akan turun hujan ...