Selasa, 20 Desember 2022

Menambah addon e WeLink di Home Assistant | Membangun Rumah pintar

 



Home assistant adalah adalah open source untuk mengotomatisasi rumah yang mengutamakan kontrol local dan privacy , didukung oleh banyak komunitas di seluruh dunia yang mendukung ratusan merk device yang ada di pasaran. slah satunya adalah eWeLink . Bagus diterapkan di dalam rassberry pi atau local server.

eWeLink adalah salah satu merk yang di dukung oleh Home assistant. Untuk menambahkan atau mengintegrasikan eWeLink device, terlebih dahulu harus mempunyai akun, dengan email atau no telephone yang terdaftar. Kedua mempunyai device yang terhubung ke internet. oleh karena itu sebelum memasang device smart home,misal saklar otomatis wifi, ataupun kipas otomatisa wifi makayang harus dipenuhi syarat adalah koneksi dengan internet.Koneksi inetrnet adalah syarat mutlak.

Dengan perkembangan teknologi dan internet telah menjangkau semua lapisan masyarakat . dan dengan mudah diakses. adalah sudah tidak asing lagi jika rumah sudah terhubung dengan  provider internet, seperti firstmedia, ataupun indihome atau provider yang lain.

Dengan masuk dan terjangkaunya akses internet sampai kerumah rumah adalah wajar jika kita mengupgrade rumah kita dengan peralatan otomatis, yang dapat dikendalikan dan diakses jarak jauh dan melui internet.

Untuk membuat peralatan cerdas di rumah dapat diakses dari internet tentunya harus dan mutlak mengkoneksikan device atau peralatan kita ke internet. Melalui reuter yang telah tersedia di rumah kita.

Untuk mengintegrasikan beberapa device dirumah kita,maka memerlukan server local untuk salah satunya adalah Homeassistant.Home assistant dapat di install di Rassbery PI, di komputer atau di laptop atau bahkan di STB bekas indihome Yang sudah tidak terpakai lagi.

Setelah home assistant di install ,maka bisa dihubungkan atau di hubungkan dengan alat atau device seperti smart switch , atau pun smart TV . atau bahkan ke smart phone.

Untuk menambahkan peralatan dalam hal ini smart switch merk eWeLink , dapat dilihat di video diatas.

Selamat mencoba... salam sehat ,salam cerdas

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling sering dibaca

Indochannel aplikasi android channel TV Indonesia paling update

Juma-juma.com - Dear teman sohabat sudah lama tidak posting di blog ini. Di sore yang sedikit mendung yang sepertinya akan turun hujan ...